Halaman

Rabu, 08 Februari 2012

KEUNGGULAN PENDIDIKAN POLRI DI AKADEMI KEPOLISIAN


KEUNGGULAN PENDIDIKAN POLRI DI AKADEMI KEPOLISIAN
OLEH : LEWANGGA TANDUNGAN

Akademi kepolisian merupakan lembaga pembentukan perwira polisi. sebagai lembaga pendidikan yang merupakan persemaian kader-kader pimpinan Polri di masa yang akan datang, yang akan membawa kejayaan bagi kepolisian.
                Di akademi kepolisian itu sendiri, merupakan tempat pembinaan dan ditempanya para Taruna dan taruni sebagai calon perwira polisi yang diharapkan mampu memilki jiwa yang kuat, tegas dan berwibawa, serta memiliki kemampuan yang profesional, unggul,  dan memiliki etika yang baok di hadapan setiap orang. Tempaan tersebut mereka dapat dari para pengasuh, pelatih/dosen, dan para senior mereka.
                                Kenggulan pendidikan di kademi kepolisian antara lain :
1.       Konsep pengajaran di Akpol yang mampu mengembangkan pikiran dan kemampuan para Taruna dan taruninya dalam hal kemampuan intelektual, berpikir kritis, mampu menganalisa masalah dengan cepat dan tepat, dan mampu berpikir secara kreatif dan inovatif.
2.       Para staf pengajar dan para pelatih yang terampil dan unggul dalam bidangnya masing – masing. Hal ini dibuktikan dengan melihat berdasarkan pengalaman mereka di tempat tugas masing – masing dan juga dapat dilihat dari latar belakang pendidikannnya masing – masing.
3.       Kurikulum dan sisitem pemeblajaran yang bagus. Hal ini dilihat dari peningkatan kemampuan , cara berpikir para taruna dalam pembelajarnnya yang menurut saya para taruna makin kritis.
4.       Para taruna di akademi kepolisian mampu menunjukan kemampuan dasar yang dimiliki mereka yang dapat menunjang mwereka sebagai para perwira yang unggul.
5.       Proses pembelajaran yang lebih nyaman dengan dukunga fasilitas yang modern, dan  mengikuti trend perkembangan zaman.
6.       Para taruna juga diberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan seni mereka dalam beberapa program di akademi kepolisian, seperti drumcorps cendarawasi, kesenian daerah, brass band.
7.       Akademi kepolisian juga dipercaya mampu menumbuhkan mental baja bagi para tarunanya dalam menghadapi  masalah – masalah mereka sendiri.
               

1 komentar:

  1. hi kak :)
    aku ayu, tahun depan aku lulus sma dan tahun depan mau daftar polisi.
    mumpung masih agaak lama, apa aja ssih kak yang harus aku siapin? bantu aku heheh :)

    BalasHapus